REPLIK (TUGAS KULIAH)

KEJAKSAAN NEGERI SUBANG

——————————————–

“UNTUK KEADILAN”

REPLIK JAKSA PENUNTUT UMUM

ATAS PEMBELAAN PENASIHAT HUKUM

TERDAKWA SENIMAN

                                    ————————————————————–

Sidang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Subang Yth.

Saudara Penasihat Hukum Yth.

            Sebelumnya marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat dan rahmatNya kepada kit semua, sehingga dapat bertemu di ruang sidang yang mulia ini dalam keadaan sehat walafiat.

            Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada sidang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Subang yang memeriksa dan mengadili perkara ini, yang telah memberi kesempatan kepada kami, Jaksa Penuntut Umum dalam perkara ini, untuk mengajukan tanggapan atas pembelaan Saudara Penasihat Hukum Terdakwa Seniman yang dihadapkan ke depan persidangan ini dengan dakwaan :

Primer                 : Melakukan tindak pidana sebagaiman diatur dalam Pasal 338 KUHP;

Sekunder            : Melakuakn tindak pidana sebagaiman diatur dalam Pasal 351  ayat (3) KUHP;

Lebih sekunder : Melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 359 KUHP.

            Setelah kami mempelajari dan mencermati Pembelaan Saudara Penasihat Hukum Terdakwa Seniman, maka kami akan mengajukan tanggapan sebagai berikut :

Bahwa Jaksa Penuntut Umum tidak sependapat dengan Saudara Penasihat Hukum yang dalam pembelaannya menyatakan bahwa Pasal 338 KUHP, Pasal 351 ayat (3) KUHP dan Pasal 359 KUHP sebagaimana di uraikan dalam dakwaan Primer, Subsider dan Lebih Subsider, tidak dapat dibuktikan pada diri Terdakwa.

  1. Bahwa dalam  proses pemeriksaan di persidangan di dapatkan fakta-fakta sebagai berikut :

–          Minggu, tanggal 25 Maret 2011 malam, Saksi Wariah mendengar terdakwa  berteriak “keluar kau Bonet, ayahmu sudah kubunuh”.

–          Begitupun dengan Saksi Sijumpa yang juga mendengar teriakan “keluar kau Bonet, ayahmu sudah kubunuh” dari Terdakwa.

–          Bahwa pada hari Minggu tanggal 25 Maret 2011 malam Terdakwa  menusuk Bagian tubuh Korban antara dada sampai perut hingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

–          Bahwa pada hari Minggu tanggal 25 Maret 2011 Terdakwa melakukan pemukulan terhadap Korban hingga melakukan penusukan pada bagian tubuh Korban hingga menyebabkan Korban meninggal dunia.

–          Bahwa pada hari Minggu tanggal 25 Maret 2011  Terdakwa pada saat melakukan pemukulan hingga menusuk bagian tubuh Korban, Terdakwa tidak mengetahui apakah Korban meninggal dunia atau tidak.

–          Bahwa Terdakwa melakukan pemukulan dan penusukan terhadap Korban yaitu dilakukan Terdakwa karena emosi, jadi jelaslah bahwa Terdakwa melakukan semua itu bukan untuk membela diri.

Fakta-fakta tersebut merupakan alat bukti petunjuk yang membuktikan bahwa Terdakwa telah merampas nyawa orang lain, melakukan penganiayaan hingga menyebabkan matinya orang dan kealpaannya yang menyebabkan matinya orang yaitu Korban.

  1. Di persidangan, Saksi Wariah dan Saksi Sijumpa di bawah sumpah memberikan kesaksian bahwa mereka mendengar Terdakwa berteriak “Keluar kau Bonet, ayahmu sudah ku bunuh”. Keterangan Saksi yang di berikan di bawah sumpah memiliki kekuatan pembuktian yang bersifat mengikat.
  2. Bahwa berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan di Tempat Kejadian Perkara berupa sebatang besi runsi runcing yang dipakai Terdakwa untuk menusuk Korban, baju Korban yang berlumur darah serta hasil Visum Et Repertum, jelaslah bahwa perbuatan Terdakwa tersebut mengandung unsur-unsur materiil dari dakwaan yang di dakwakan kepada Terdakwa.

Jelaslah bahwa Pasal 338 KUHP, Pasal 351 ayat (3) KUHP dan Pasal 359 KUHP dapat dibuktikan pada diri Terdakwa Seniman.

Majelis Hakim yang terhormat,           

Saudara Penasihat Hukum yang terhormat,

Berdasarkan pada hal-hal yang telah kami uraikan di atas, maka kami selaku Jaksa Penuntut Umum dalam perkra ini berkesimpulan dan berpendapat bahwa perbuatan Terdakwa Seniman telah memenuhi unsure-unsur Pasal 338 KUHP, Pasal 351 ayat (3) KUHP dan Pasal 359 KUHP. Bahwa dengan demikian kami menyatakan tetap pada tuntutan pidana sebagaimana telah kami bacakan  pada sidang tanggal 1 April 2011. Akhirnya, pertimbangan selanjutnya kami serahkan sepenuhnya kepada Sidang Majelis Hakim Pengadilan Negeri Subang yang memeriksa dan mengadili perkara ini.

Subang, 15 April 2011

JAKSA PENUNTUT UMUM,

FEBY DANIAR MAHARRANI,SH.MH

                JAKSA MUDA/NIP.521991123

 

RYAN PURNAMA GUMELAR,SH

       JAKSA MUDA/NIP.675287895

 

      SAMSUTA,SH

       JAKSA MUDA/NIP.123678977

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s