SURAT GUGATAN WANPRESTASI

Kepada :

Yth. Ketua Pengadilan Negeri Subang

di

            SUBANG

                    Hal       : Gugatan Wanprestasi

Lamp   : 1(satu) lembar Surat Kuasa Khusus

Yang bertanda tangan di bawah ini, kami :

            Nama               : 1. FEBY DANIAR MAHARRANI,SH.,MH 2. M.NURRULAH,SH

            Pekerjaan         : Advokat/Penasihat Hukum

            Berkantor        : Kantor FDM Law Firm & Rekan, Jl. Seroja No.32 A Subang

Berdasarkan surat kuasa khusus tertanggal 5 September 2009, yang dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Klien kami :

Nama   : PAUL VINCENT HUSER

Alamat            : 18 A.Rue Du Chemin De Fer 6767 Bitschwillwe Les Thann Perancis

Yang selanjutnya dalam hal ini disebut sebagai PENGGUGAT I

Nama   : FERI TRI YUNARTO

Alamat            : Treko II Kecamatan Mungkid. Magelang, Jawa Tengah

Yang selanjutnya dalam hal ini disebut sebagai PENGGUGAT II

Dengan ini mengajukan gugatan terhadap :

Nama   : SUKADI

Alamat            : Jalan Langon Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Yang selanjutnya dalam hal ini disebut sebagai TERGUGAT I

Nama   : TANJUNG PUTERA TABALONG

Alamat            : Botton II No.33 Magelang, Jawa Tengah

Yang selanjutnya dalam hal ini disebut sebagai TERGUGAT II

 

Adapun gugatan ini diajukan atas hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa pada tanggal 2 April 2009 telah terjadi perjanjian utang piutang antara para Penggugat dengan para Tergugat dimana perjanjian tersebut dilakukan dengan akta tertanggal 02-04-2009 yang di tandatangani di depan Notaris Galuh Candrarini,SH di Subang dengan jumlah uang yang dipinjamkan adalah Rp.1.500.000.000,- ( Satu Miliar Lima Ratus Juta Rupiah ), dan berdasarkan kesepakatan akan dikembalikan sebesar Rp.2.000.000.000,- (Dua Miliar Rupiah) serta akan dikembalikan dalam tenggang waktu 3 (tiga) bulan, yang akan dikembalikan secara tanggung renteng oleh para Tergugat dengan 3 (tiga) kali angsuran, adapun rinciannya sebagai berikut :
    1. Angsuran ke I (pertama) tanggal 2 Mei 2009 : Rp.1.250.000.000,-
    2. Angsuran ke II (kedua) tanggal 2 Juni 2009  : Rp.   500.000.000,-
    3. Angsuran ke III (ketiga) tanggal 2 Juli 2009  : Rp.   250.000.000,-

                                                                         —————————– +

                  TOTAL                                           Rp.2.000.000.000,-

  1. Bahwa dalam perjanjian utang piutang tersebut dinyatakan bahwa para Tergugat telah memberikan jaminan 4 bidang tanah bersertifikat hak milik atas nama :
    1. Bayu Tristiaty No.222 Surat Ukur No.47/LGN/1999 tanggal 17 Juli 1999 luas 2.200 m² yang terletak di Desa Langon Kecamatan tahunan, Jepara.
    2. Sukadi No.180 gambar situasi No.1181/1984 tanggal 1-1-1994 dengan luas 1.490 m² yang terletak di Desa Langon Tahunan, jepara.
    3. Sukadi No.84 gambar situasi No.333/1992 tanggal 3-3-1992 luas 2.400 m² yang terletak di Desa Langon Tahunan,Jepara.
    4. Sukadi No.456 gambar situasi No.4655 yang terletak di Desa Langon Tahunan Kabupaten Jepara, jawa Tengah.
    5. Bahwa apabila terjadi keterlambatan maka akan dikenakan denda keterlambatan 0,25% per hari dari sisa angsuran yang belum dibayarkan dan harus dibayarkan sekaligus lunas bersamaan dengan sisa angsuran yang belum dibayarkan.
    6. Bahwa ternyata sampai batas waktu yang telah ditentukan (tanggal 2 Juli 2009), para Tergugat tidak memenuhi pembayaran dan/atau pemenuhan prestasi kepada para Penggugat sebagaimana yang di perjanjikan, dimana angsuran tahap pertama terlambat 31 hari, angsuran kedua terlambat 30 hari dan angsuran ketiga belum dibayarkan sama sekali.
    7. Bahwa dengan demikian para Tergugat telah melakukan perbuatan wanprestasi, maka sudah sepantasnya apabila  para Tergugat di hukum untuk membayar utangnya tersebut kepada para Penggugat  dengan segala akibat hukum yang menyertainya.
    8. Bahwa dengan adanya tindakan wanprestasi tersebut, para Penggugat telah memberikan somasi-somasi (teguran) baik secara lisan maupun tertulis terhadap para Tergugat, akan tetapi para Tergugat tetap tidak mengindahkannya bahkan cenderung untuk tidak melaksanakan kewajibannya, dengan demikian para Tergugat telah sengaja tidak beritikad baik untuk tidak memenuhi prestasinya.
    9. Bahwa akibat wanprestasi yang dilakukan oleh para Tergugat, menimbulkan kerugian bagi para Penggugat baik kerugian materil, sebab uang tersebut merupakan modal usaha yang sangat dibutuhkan oleh para Penggugat, maka sudah sewajarnya tergugat dibebani untuk membayar ganti rugi sebanyak 0,25% perhari, terhitung mulai tanggal 3 juli 2009 hingga gugatan diajukan dengan perincian sebagai berikut :

Kerugian Materiil

Hutang Pokok                                                             : Rp.250.000.000,-

Denda Keterlambatan 79 × 0,25% ×Rp.250.000.000            : Rp.  49.375.000,-

Jumlah                                                                         : Rp.299.375.000,-

  1. Bahwa akibat adanya perbuatan wanprestasi yang dilakukan oleh Para Tergugat, mengakibatkan para Penggugat dirugikan karenanya, sebab apabila uang tersebut diputar atau dimasukan/disimpan di Bank, maka para Penggugat akan mendapatkan keuntungan, yakni sejak gugatan ini diajukan hingga para Tergugat melaksanakan isi putusan perkara ini, maka sudah sepantasnyalah apabila para Tergugat untuk dihukum mengembalikan uang tersebut kepada para Penggugat secara tanggung renteng dengan segala akibat hukum yang menyertainya.
  2. Bahwa untuk menjamin hak para Penggugat dan untuk menjamin pelaksanaan putusan perkara ini para Penggugat mohon agar Pengadilan Negeri Subang meletakan sita jaminan terhadap tanah bersertifikat hak milik sebagimana yang telah disebutkan sebelumnya.
  3. Bahwa oleh karena gugatan ini diajukan atas dasar bukti-bukti yang kuat dan otentik , maka mohon segala penetapan dan putusan dapatlah dilaksanakan terlebih dahulu (Uitvoerbaar bijvoorraad) meskipun para Tergugat melakukan Verzet, banding maupun kasasi.
  4. Bahwa dikarenakan gugatan ini menyangkut perbuatan cidera janji (wanprestasi) yang disebabkan kesengajaan para Tergugat baik dengan cara tidak mau memenuhi prestasinya pada para Penggugat maka para Tergugat dihukum untuk membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) setiap hari lalai dalam melaksanakan putusan kelak, terhitung adanya putusan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, hingga para Tergugat melaksanakan isi putusan perkara ini.

Maka berdasarkan segala apa yang terurai diatas, para Penggugat memohon kepada Ibu Ketua Pengadilan Negeri Subang berkenan memutuskan perkara ini sebagai berikut :

PRIMAIR

  1. Menerima dan mengabulkan gugatan para Penggugat untuk seluruhnya.
  2. Menyatakan sah dan berharga Sita Jaminan terhadap :
    1. Bayu Tristiaty No.222 Surat Ukur No.47/LGN/1999 tanggal 17 Juli 1999 luas 2.200 m² yang terletak di Desa Langon Kecamatan tahunan, Jepara.
    2. Sukadi No.180 gambar situasi No.1181/1984 tanggal 1-1-1994 dengan luas 1.490 m² yang terletak di Desa Langon Tahunan, jepara.
    3. Sukadi No.84 gambar situasi No.333/1992 tanggal 3-3-1992 luas 2.400 m² yang terletak di Desa Langon Tahunan,Jepara.
    4. Sukadi No.456 gambar situasi No.4655 yang terletak di Desa Langon Tahunan Kabupaten Jepara, jawa Tengah.
    5. Menyatakan secara hukum perjanjian hutang piutang antara para Penggugat dan para Tergugat adalah sah menurut hukum.
    6. Menyatakan secara hukum para Tergugat telah melakukan perbuatan wanprestasi.
    7. Menghukum para Tergugat secara tanggung renteng untuk membayar hutangnya beserta bunga-bunganya kepada Para Penggugat yang terdiri dari hutang pokok ditambah denda keterlambatan yang belum terbayar sebesar Rp. 299.375.000,- (Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).
    8. Menghukum tergugat untuk membayar uang paksa (dwangsom) sebesar Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) setiap hari lalai dalam melaksanakan putusan kelak, sejak terhitung adanya putusan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.
    9. Menyatakan putusan perkara didasarkan oleh bukti-bukti otentik sehingga dapat dilaksankan secara serta merta (Uitvoerbaar bijvoorraad) meskipun para Tergugat melakukan Verzet, banding maupun kasasi.

 

SUBSIDER

Mohon putusan seadil-adilnya.

Demikian gugatan ini kami sampaikan atas perhatian dan terkabulnya, kami haturkan terima kasih.

                                                                                  Subang, 19 September 2009

          Hormat Kami,

                                                                                    Kuasa Hukum Penggugat

 

  1. 1.      FEBY DANIAR MAHARRANI,SH.,MH

 

                                      2.   M.NURULLAH,SH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama   : PAUL VINCENT HUSER

Umur   : 60 tahun

Alamat            :18 A.Rue Du Chemin De Fer 6767 Bitschwillwe Les Thann, Perancis

Dan

Nama   : FERI TRI YUNARTO

Umur   : 37 tahun

Alamat            : Treko II Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

Dalam hal ini menyatakan menunjuk domisili hukum kepada kuasa saya seperti tersebut di bawah ini dengan memberikan kuasa kepada :

Nama               : 1.FEBY DANIAR MAHARRANI,SH.,MH  2.M.NURULLAH,SH

Pekerjaan         : Advokat/Penasehat Hukum

Alamat                        : Kantor FDM Law Firm & Rekan, Jl. Seroja No.32 A Subang

KHUSUS

Untuk menjadi Kuasa Hukum kami/membela hak-hak serta memperjuangkan kepentingan-kepentingan kami menurut hukum dalam perkara : Perdata

Sebagai            : KUASA HUKUM PARA PENGGUGAT

Untuk              : Mengajukan gugatan Wanprestasi karena tidak melaksanakan perjanjian hutang piutang kepada Paul Vincent Huser, umur 60 tahun, Kristen,Pengusaha, alamat di 18A.Rue Du Chemin De Fer 6767 Bitschwillwe Les Thann,Perancis dan Feri Tri Yunarto, umur 37 tahun, Islam,Swasta, alamat di Treko II Kecamatan Mungkid, Magelang,Jawa Tengah.

Pada                : Pengadilan Negeri Subang

Untuk itu Pemegang Kuasa inikami berikan wewenang untuk : menghadap dan berbicara didepan Pejabat Instansi Pemerintah maupun Swasta , membaca berkas perkara, membuat surat-surat serta menandatangani surat tersebut, mengajukan permohonan-permohonan yang baik dan berguna bagi pemberi kuasa, menjawab dan membantah hal-hal yang tidak benar, mengajukan bukti-bukti surat dan saksi sehubungan dengan perkara tersebut, mengusahakan perdamaian serta menandatangani akta perdamaian. Pada pokoknya pemegang kuasa ini diberi wewenang segala sesuatu yang baik dan berguna bagi pemberi kuasa sehubungan perkara tersebut serta dapat dibenarkan menurut hukum acara.

Pemberian kuasa ini diberikan dengan hak substitusi sebagian atau seluruhnya kepada orang lain.

Subang, 5 September 2009

 

 

Materai

6000

 

            Penerima Kuasa,                                                                     Pemberi Kuasa,

 

Feby Daniar Maharrani,SH.,MH                                                        Paul Vincent Huser

 

 

M.Nurullah,SH                                                                                   Feri Tri Yunarto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s